Pembukaan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) Mahasiswi UNIDA Gontor di Pondok Modern Assalam Putri Sukabumi

Sukabumi – Mahasiswi semester VI Pendidikan Bahasa Arab melaksanakan Praktek Pengayaan Lapangan di Pondok Modern Assalam Putri Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan ini dibuka pada Jumat, 31 Januari 2020 di Aula Pondok Pesantren Assalam Putri oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Assalam KH. Encep Hadiyana,M.Si. dan dihadiri langsung oleh wakil dekan Fakultas Tarbiyah KH. Heru Saiful Anwar beserta Al-Ustadz Luthfi Muhyiddin selaku dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dosen pembimbing kegiatan PPL, asatidz, ustadzat beserta seluruh santri putri Pondok Modern Assalam.

Dalam pembukaannya, KH. Encep Hadiyana,M.Si menyampaikan beberapa point penting mengenai sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan Pondok Modern Assalam. Pondok ini didirikan tahun 1983 oleh KH. Lukman Herawan dan KH. Abdurrahman dengan harapan pondok yang didirikan bisa seperti Pondok Modern Darussalam Gontor. Beliau juga menyampikan pesan KH. Hasan Abdullah Sahal bahwa “minimal alumni Gontor mampu mengimplementasikan 30% nilai –nilai Gontor”. dan nilai – nilai Gontor itu kini  hidup dalam ozon keberkahan pondok Modern Assalam.

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh KH. Heru Saiful Anwar,M.Pd. Beliau mengatakan bahwa ada empat cara untuk dapat meraih kesuksesan, yaitu: berbakti kepada kedua orang tua, menghormati guru, berdzikir kepada Allah, dan shodaqoh. Hal yang paling ditekankan disini adalah mengormati guru. Beliau menyampaikann betapa trimurti selaku pendiri Gontor sangat menghormati guru-gurunya sehingga menjadikan Gontor itu besar dan melahirkan pondok – pondok alumni. Beliau juga berpesan kepada seluruh santri putri Assalam bahwa menuntut ilmu di Assalam merupakan suatu anugerah yang luar biasa dan sangat patut untuk disyukuri.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan daur pondok yang dibimbing oleh ustadzah bagian pengasuhan. Peserta PPL dikenalkan dengan lingkungan pondok beserta kegiatan – kegiatan santri di dalamnya.

-Piryal Ikram Gananti-

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang

Berita Terbaru