Pesan Rektor dalam Pembukaan Ujian Tengah Semester

UNIDA Gontor – Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian. Itulah salah satu filosofi pendidikan yang ada di Gontor. Sabtu, 16 Januari 2021, Rektor Universitas Darussalam Gontor Assoc. Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed,. M.Phil., membuka upacara Ujian Tengah Semester (UTS) semester Genap tahun ajaran 1441-1442/2020-2021 di lobi tengah Gedung Utama UNIDA Gontor yang dihadiri oleh seluruh Civitas akademika kampus.

Dalam sambutan bapak Rektor beliau memberikan beberapa pesan dan nasehat, diantaranya, “Pemahaman berkali-kali jauh lebih baik daripada hafalan tanpa pemahaman.” Semua waktu dan aktifitas di kampus ini berorientasi pada ilmu, all the times is learning time (tidak ada waktu yang hilang sia-sia). Semua yang kalian dengar, lihat, dan rasakan di kampus bagian dari materi ujian ke depannya, ada banyak kajian dan halaqah akan menjadi bahan untuk diujikan.

“Seluruh kegiatan yang ada di UNIDA Gontor harus ter-record di dalam AKPAM sebagai simbol dari integrasi Universitas Pesantren. Di dalam AKPAM tidak hanya masalah akademik, tapi juga non-akademik, olah pikir, olah zikir, olah rasa, leadership, skill, serta pengembangan intelektualitas. Maka pahami dengan baik bahwa kalian berada di dalam learning society, all the times is learning time,” lanjut beliau.

Diakhir sambutan, beliau mengingatkan pentingnya trilogi kehidupan mahasiswa yaitu selalu membaca, selalu diskusi, dan selalu menulis. Mahasiswa yang pandai menulis akan cepat selesai studinya, begitu juga sebaliknya. Program sarjana itu harus berdarah-darah, harus kuliah, membuat paper, dan lulus ujian. Tapi ingat, sarjana yang matang akan membuka jalan untuk bisa sukses S2 bahkan S3. Tak lupa beliau mengingatkan bahwa akhlak itu angka 1 sedangkan IPK itu angka 0, angka seribu (1000) tak ada nilainya tanpa angka satu. Maka apapun prodinya harus paham tentang syariah, paham syariah itu fardhu ‘ain. Selamat dan semoga sukses dalam ujian tengah semester, jaga kesehatan dan ditutup dengan do’a bersama. (Muhammad Wahyudi, M.Pd/Ed. RN)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Seminar Terjemah

Contact us, for more informationRahmad Maulana Tazali or Zainal Abidin

Berita Terbaru

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang