Pesan dan Nasehat Menjelang Perpulangan Akhir Tahun

Ahad, 6 April 2021, malam ini diadakan kegiatan rutin pengajian tentang etiket yang dilakukan sebelum perpulangan. Kegiatan ini dimulai pukul 20:00 WIB hingga selesai. “Kegiatan yang terus diulang-ulang hingga melekat dan menjiwai pada diri mahasiswi” merupakan kalimat yang dinasehatkan oleh Al-Ustadz Nur Hadi Ihsan, MIRKH dalam sambutannya. Tujuan kegiatan ini ialah memberikan pesan dan nasehat serta arahan kepada seluruh mahasiswi UNIDA Gontor Putri untuk terus menggunakan waktu secara produktif dan dapat melakukan hal-hal yang baik selama liburan.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Al-Ustadz Dr. Asif Trisnani, Lc. MA mengenai sopan santun dan cara menggunakan waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. Sebelum memasuki materi Al-Ustadz Dr. Asif Trisnani, Lc. MA membahas surah yang sudah dilantunkan oleh petugas membaca Al-Qur’an mengenai surah Hud ayat 41 yang berbunyi:

بِسْمِ اللهِ مَجْرهَا وَمُرْسَاهَا

“Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya”

Bukti Ketaatan Mahasiwi Mengikuti Perkumpulan

Ungkapan tersebut menggambarkan kapal laut sebagai simbol keselamatan menghantarkan kehidupan baru. Dimana kapal itu hanya dinaiki oleh orang-orang yang beriman dan taat. Dikiaskan dengan keadaan perkumpulan pada saat itu, mereka adalah orang-orang yang taat pada aturan yang akan diberi keberkahan dan keselamatan di dunia dan dimudahkan jalan menuju akhirat.

Etiket dalam Al-Qur’an disebut sebagai akhlak. Sebagaimana yang dipesankan oleh bapak yayasan dalam pembekalan etiket “Disetiap kening mahasiswi harus tertulis Pondok Modern (PM)” dengan makna ketika kita pulang bukan berarti hidup sewenang-wenangnya, namun harus senantiasa mengisi liburan dengan sesuatu yang berkualitas. Salah satunya ialah mengisi kekosongan dengan membaca merupakan sesuatu yang produktif. Sedangkan konsep istirahat di Gontor ialah

الرَّاحَةُ فِيْ تَبَادُلِ الأَعْمَالِ

“Sesungguhnya istirah itu disetiap pergantian kegiatan”

Apabila ditanya “Dimana letak etiket di Gontor”? Jawabannya ialah diseluruh kegiatan, maupun di mata pelajaran karena didalamnya terdapat aspek etiketnya.

Macam-Macam Bentuk Etiket

Dalam pertemuan ini juga dihadirkan video berbagai etiket diantaranya ialah

1. Etiket perjalanan: Memamai pakaian yang sopan, memakai dalaman himar, handshok, masker dan kaos kaki. Jangan pergi sendirian dan jangan membuat kegaduhan diperjalanan.

2. Etiket tata cara ta’dim (pengajuan): Jagalah kesopanan, mengucapkan salam tidak lebih 3x, duduk hanya setelah dipersilakan, memperkenalkan diri dan tujuannya untuk apa, serta siap menerima masukan.

3. Etiket pertemuan:  Jangan pernah mengobrol dan ngantuk.

4. Etiket bermedia sosial: Hindari berhubungan dengan lawan jenis, menggunakan kata-kata yang sopan dalam membalas chat.

5. Etiket terhadap orang tua: Membantu pekerjaan orang tua, memintak izin untuk keluar rumah, berjabat tangan terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah dan berjabat tangan setelah bepergian.

6. Etiket makan: Membaca do’a sebelum dan sesudah makan, mengambil makan secukupnya, makan dengan tangan kanan, minum air dengan 3x cegukan, jangan ngobrol ketika makan, dan jangan lupa merapikan tempat makan.

Tidak hanya berupa video yang dipaparkan namun dari panitia perpulangan sendiripun juga memberikan contoh berpakaian yang sesuai dengan aturan pondok, diantaranya:

1. Berpakaian ketika olahraga harus longgar.

2. Berpakaian menggunakan gamis dan potongan yang sesuai aturan pondok, tidak ketat dan panjang baju harus melebihi panjang ujung jari.

3. Pakaian sehari-hari yaitu dengan memakai jilbab panjang.

4. Pakaian bepergian tidak mencolok, dan sederhana.

Demikian pesan dan nasehat yang diberikan oleh para asatidz, demi menjaga mahasiswinya untuk terus membawa nilai-nilai yang didapatkan di pondok untuk bisa diterapkan di rumah saat berlibur. Akhirnya acara ini ditutup dengan pembacaan Surat Keterangan (SK) mengenai tanggal perpulangan. Khususnya untuk mahasiswi semester 2 waktu liburan dari tanggal 05 April hingga 27 Mei 2021. Karena mahasiswi semester 6 mengadakan acara KKN di dalalam Pondok, disusul mahasiswi semester 4 mengadakan (Kampung Ramadhan Unida) KRU sebagai bentuk pengabdiannya melakukan tugas di Pondok Modern Daraussalam Gontor Putri Mantingan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru