SA: Ciptakan Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

UNIDA Gontor – Tepat pada tanggal 24 Maret 2021 tepatnya di Gedung Mesir lantai 3 UNIDA Gontor kampus Mantingan tepat pada jam 08.30, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menyelenggarakan pembukaan Studi Akademik (SA) sebagai amanat pertama yang diberikan kepada mahasiswi semester 2 untuk menjadi panitia sekaligus anggota dalam acara ini.

Studi Akademik diadakan bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih, memperluas wawasan dan menunjang pembelajaran mahasiswa di bangku perkuliahan. Selain itu kegiatan ini juga menjadi syarat mahasiswa UNIDA Gontor dalam mengikuti Studi Pengayaan Lapangan (SPL). Adapun kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh kampus di setiap Prodi masing-masing.

Studi Akademik pada tahun ini dilaksanakan di dalam kampus karena masih berlanjutnya pandemi covid-19. Ini merupakan kegiatan mahasiswa yang mampu menunjang, mengembangkan dan mengapresiasikan bakat yang dimiliki juga memperdalam beberapa bakat yang kita miliki melalui pelatihan dan workshop yang diadakan dalam kegiatan ini.

Ada 4 macam workshop yang diselenggarakan, salah satunya adalah pelatihan tentang PowerPoint dengan judul “Membuat Slide Presentasi Yang Baik dan Menarik”. Pemateri dalam workshop ini adalah salah satu dosen PBA, al-Ustadz Ahmad Farouq Abdullah, M.Pd. Beliau menjelaskan beberapa hal penting yang bersangkutan degan PPT.

“Apakah mendesain slide itu penting?”, tanya beliau, sebagai kalimat pembuka untuk mengawali pelatihan ini. Jawabannya yang tak lain lagi adalah penting, karena jika desain kita terlihat dengan baik kita bisa terlihat lebih profesional. Dan slide yang menarik menunjukkan persiapan yang matang. Slide yang baik dapat menarik audiensi dan memperjelas materi-materi. Itulah beberapa hal yang beliau sampaikan mengenai pentingnya membuat PPT yang menarik dan baik. Dalam hal ini kita dapat mengetahui beberapa hal yang membuat slide yang kita buat kurang menarik seperti:

  1. Perpaduan element kurang relevan
  2. Alur slide tidak jelas
  3. Banyak informasi dalam 1 slide
  4. Persiapan latihan kurang
  5. Terjebak dalam satu topik
  6. Template alakadarnya
  7. Durasi waktu tidak di perhatikan
  8. Over animation
  9. Wrong color
  10. Dan lain sebagainya.

Dalam acara workshop PPT ini kita dapat lebih memahami dan membedakan apakah PPT yang dipresentasikan dapat membangun ketertarikan audiens dalam mendengarkan presentasi tersebut atau malah sebaliknya. Karena dengan adanya salah satu media pembelajaran inilah yang dapat membantu memahamkan lebih kepada audiens dan juga menjadikan kita percaya diri untuk berpresentasi. Jadi kunci dan rumus keberhasilan dalam berpresentasi ini tak lain adalah percaya diri yang kuat.

Dengan adanya kegiatan ini para peserta Studi Akademik menjadi lebih produktif dan mendapatkan beberapa pengalaman yang berharga dan pengalaman baru, seperti falsafah pendidikan Gontor; apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan adalah pendidikan. Dan inilah salah satu wujud pendidikan baru yang kita dapatkan selaku mahasiswi baru di Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan. [Au. Rika Khoirun Nisa & Tasya Ramadhana (PBA 2)/Ed. Riza Nurlaila]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru