Sebuah Proses Untuk Menjadi: Becoming Someone

Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) menetapkan pembukaan semester genap tahun ajaran 1441-1442/2020-2021 mulai Senin, 16 November 2020, penetapan ini berdasarkan kalender akademik yang disusun berdasarkan SK Rektor Nomor: 2847/UNIDA/R-e/IX/1441 Tentang Penetapan Kalender Kegiatan Universitas Darussalam Gontor Tahun 1441-1442/2020-2021. Ditandai dengan upacara pembukaan oleh Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A selaku Rektor UNIDA Gontor di pelataran gedung utama pada senin 16/11/20.

Dalam sambutan bapak Rektor, beliau menyampaikan: “Bersyukur kita bisa memulai semester genap di hari ini, karena banyak dari keluarga kita yakni mahasiswa luar negeri (LN) belum bisa bergabung saat ini karena dampak pandemi corona. Sempet beberapa waktu yang lalu menanyakan ke pihak DIKTI, perkiraan mereka awal Januari 2021 seluruh pelajar asing sudah diperbolehkan masuk ke Indonesia. Tapi menurut hemat saya bakal ada kemunduran mengingat sampai sekarang masih belum stabil kondisi Indonesia maupun negara tetangga Malaysia tepatnya. Kemudian beliau menambahkan akan pentingnya mahasiswa luar negeri bagi universitas dan dalam dunia pendidikan, serta memohon do’a dari seluruh penghuni kampus untuk kesuksesan Assesment Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi dan juga prodi magister Hukum Ekonomi Syariah (HES) pada tanggal 18-19 November 2020 dan pesiapan akreditasi Doktoral prodi Akidah Filsafat Islam (AFI).”

Lebih lanjut, aspek penting di dalam akreditasi adalah keunggulan mahasiswa. Oleh karena itu kami berusaha agar kalian semua dapat mengikuti seluruh kegiatan baik di dalam kelas maupun di luar kelas dengan semaksimal mungkin, saat ini kami juga terus meningkatkan SDM yang ada dengan merekrut beberapa dosen untuk di kuliahkan sampai kejenjang tertinggi bekerja sama dengan beberapa lembaga yang sudah MoU dengan kita, usaha ini tentu dalam rangka bersinergi meningkatkan kualitas UNIDA. Ungkap Prof. Amal

Assoc. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phill selaku Warek II Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menambahkan, yang sekarang kalian lakukan ini adalah perjalanan, hidup adalah sebuah perjalanan dibarengi dengan keistiqomahan. Berfikirlah besar dan berobsesilah tinggi karena saat ini kita sedang berproses untuk menjadi: Be Coming Someone.

Belajar itu meletakkan unsur positif sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kita kedalam kebaikan, karena perguruan tinggi pesantren tidak hanya memikirkan akademik semata, mengurus hubungan dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dengan akhlak dan muamalahnya.

Disini moral, kejujuran, kemampuan bermuamalah dengan sesama sangat di utamakan, prestasi akademik berada di urutan setelah itu. Karena kami sedang mendidik mahasiswa menjadi orang yang berguna (All Round) dunia saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang mampu mengkoordinir mampu mengatur manusia, tidak hanya skill pribadi yang terus diasah.

Senada dengan itu, perguruan tinggi pesantren mengupayakan para alumninya berkualitas baik dari segi moral, akhlak, ataupun intelektual. Pondasi kita adalah berbudi tinggi, berakhlakul karimah baru kemudian berfikiran bebas (kreatif). Disini kita semua beribadah, maka jangan pernah mengotori dengan hal-hal sepele semua kegiatan yang ada berorientasi pada hal positif dan hikmatif, salah satu bentuk hiburan kalian adalah ilmu pengetahuan dan keshalehan yang tercermin dari dalam diri kalian. Jadilah manusia yang mampu membawa kebermanfaatan terhadap orang lain. Ungkap Dr. Hamid mengakhiri sambutannya.

خير الناس أحسنهم خلقا وأنفعهم للناس

(Rep: Syahrul Anwar, Mahasiswa PBA VIII, Edited by: Muhammad Wahyudi)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru