Semangat dan Konsisten Demi Wisuda 31/2 Tahun

Ibarat gunung, skripsi merupakan puncak tertinggi dengan lembah dan bukit yang melambangkan usaha selama perkuliahan berlangsung. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, Alhamdulillah saya mampu menyelesaikan tugas akhir dan bisa menyelesaikannya dengan masa studi 3 setengah tahun.

Mashaallah, menyelesaikan skripsi merupakan pengalaman yang begitu mengesankan. Sesekali semangat, juga malas bahkan tak jarang down dan stress. Namun semua itu tergantung bagaimana kita menyikapi lika-liku perjuangan bermodalkan semangat dan konsisten tampa melupakan doa. Serta berusaha untuk selalu meningkatkan ibadah sehingga kita bisa lulus husnul khotiimah, sebagaimana yang disampaikan Kepala Program Studi PBA Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd.

الدعاء بلا عمل كالتسعين بلا تسعة

Indikator Keberhasilan Skripsi

Dokumentasi Sidang Skripsi Haris Furqon Hasbi Firmansyah, S.Pd

Begitu pula sebaliknya, fokus merupakan hal pokok dalam mengerjakan skripsi, sedangkan ketenangan hati dan kesucian jiwa merupakan pendukung dalam mengerjakannya, sehingga kita dapat berfikir jernih, mudah untuk berinovasi dan mandapat inspirasi yang akan memudahkan penyelesaian masalah maupun penerimaan kritik masukan dan saran dari pembimbing.

Semester 6 akhir saya memulai untuk mencari judul penelitian, alhamdulillah satu judul yang saya ajukan dengan modal keyakinan terkualifikasi hingga akhir. Namun dibalik aprovisasi judul ini, terdapat sedikit kendala dalam penulisan latar belakang yang belum di ACC. Membutuhkan perjuangan hingga 5 kali revisi baru disetujui, Subhaanallah! Namun alhamdulillah langkah lanjutan dari tugas akhir ini berjalan dengan lancar hingga tibalah waktu ujian.

Fokus merupakan hal pokok dalam mengerjakan skripsi, sedangkan ketenangan hati dan kesucian jiwa merupakan pendukung dalam mengerjakannya, sehingga kita dapat berfikir jernih

Haris Furqon Hasbi Firmansyah, S.Pd

Ada beberapa Tips untuk kalian agar mudah dalam mengahadapi rintangan dan ujian dalam mengerjakan skripsi.

  1. Yakian dengan usaha dan do’a, Allah memudahkan urusan kita.
  2. Banyak membaca buku, jurnal, skripsi bahkan tesis terkait penelitian.
  3. Konsisten dan produktif. (pagi tepatnya pada pukul 08.00-11.00, siang pukul 02.00-03-00, malam pukul 08.00 sampai target harian terselesaikan).
  4. Tentukan target-target persyaratan ujian tugas akhir (Tahfidz, AKPAM dll)
  5. Catat besar-besar “BISMILLAH 3 SETENGAH TAHUN DAN HUSNUL KHOTIMAH” ditempat strategis agar selalu terlihat dan tertanamkan dalam hati.
  6. Jaga sholat dan harus berjamaah di masjid 5 waktu, kerena kedekatan kita kepada Allah merupakan jaminan pertolongan Allah kepada kita.
  7. Membaca Al-qur’an (wirdul qur’an) dan jangan lupa Muraja’ah, karena kedekatan kita dengan Al-qur’an akan menghadirkan ketenangan dalam jiwa.
  8. Doakan orang tua, Guru-guru (Khususnya pembimbing), teman-teman seperjuangan agar kita dimudahkan dalam segala urusan.
  9. Banyak berpuasa, niatkan membersihkan diri dan menghindari maksiat agar kita dimudahkan dalam menuntut ilmu.
  10. Dekatilah orang sholeh, bergaul bersama orang sholeh selain akan membawa kita pada kehidupan yang baik. Juga akan memberikan kita manfaat dan keutamaan lain. Seperti kita akan mendapatkan berbagai limpahan rahmat dan pahala. Ketika kita mengikuti circle pergaulan dengan orang sholeh, kita akan terbawa juga dengan kebiasaan mereka.

Suka dalam mengerjakan skipsi pasti, duka apa lagi, tapi yakinlah selama tujuan dan proses kita baik insyaallah akan dimudahkan. Satu hal yang harus kita pahami, bahwa bersantai dalam menyelesaikan skripsi itu wajar. Malah dalam pengerjaan skripsi itu sebaiknya tidak untuk dibawa stress. Tapi jangan sampai terlena dan nyaman di posisi berbahaya itu. Sederhananya, kita harus bisa menyeimbangan kuantitas antara istrihat dan mengerjakan skripsi. Ya, istirahat bukan ‘bersantai’.

Rumus Sederhana dalam Penuntasan Tugas Akhir

Jangan sampai bersantai-santai sejak dini, menyesal di tepian. Jangan sampai pula terpancang teman seperjuangan yang tidak sejalan dengan orientasi justru membuat kita ingin mundur dari medan perjuangan dan ingin menyudahi pengerjaan skripsi. Kita harus ingat bahwa perjuangan dan perjalanan kita selama kuliah sudah cukup panjang! Jangan berhenti hanya ketika kita merasa tak mampu untuk menyegerakan dalam menyelesaikan skripsi. Kita pun harus ingat, tidak menjamin orang yang cepat selesai skripsinya akan menjadi yang terbaik. Pun, tidak selamanya yang terlambat selesai skripsinya lantas masa depannya suram. Dunia ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin berusaha keras berjuang keras dan tidak untuk berputus asa! Semangat bismillah pasti bisa!

Untuk Prodi PBA-ku tercinta. Mashaallah, Tabarakallah semoga tetap jaya kompak dan istiqomah. Terkhusus kepada guru-guru kami, hanya satu pinta kami doakan kami agar kami menjadi orang yang sholeh dan bermanfaat bagi umat. Kami ucapkan Jazakumullah Khair atas jasa-jasa antum semua.

Au: Haris Furqon Hasbi Firmansyah, S.Pd, Ed: Intan Fasya Zahara, S.Pd, Rev: Muhammad Wahyudi, M.Pd

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru