Serah Terima Amanat HM-PBA UNIDA Gontor Kampus Putri Berjalan Khidmat

Rabu malam, 18 September 2019, tepatnya di aula Aisyah Gontor Putri 1, seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menghadiri acara pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HM-PBA). Acara tersebut dihadiri lebih dari 100 mahasisiwi beserta para dosen dan ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab. acara yang dimulai dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB berjalan khidmat dan haru.

Al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A menyampaikan pidatonya bahwa dalam Himpunan Mahasiswa ini terdapat dua poin yang sangat penting. Pertama, yaitu untuk membantu umat. Beliau berharap semoga melalui HMP tersebut seluruh mahasiswi dapat membantu seluruh umat dan mengabdikan diri kepada masyarakat dalam arti tidak hanya berkiprah di dalam kampus saja. Kedua, Himpunan Mahasiswa adalah tempat untuk mengembangkan bakat para mahasiswa. “Jadikan HMP itu sebagai khidmat kita kepada Universitas,” paparnya. Dengan memperbanyak kegiatan di HMP, dapat mengembangkan potensi seluruh mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab dan HMP itu sendiri. Karena pengembangan diri tidak akan ada kalau kita hanya diam saja, layaknya pemain bola, dia tidak akan menang atau dapat mencetak gol jika dia hanya diam saja.

Dalam acara tersebut, ketua HM-PBA lama, Muhashonah (PBA/5) memberikan amanat dan jabatannya kepada ketua HM-PBA baru, Amy Fitriani Siregar (PBA/3). Peluk hangat di antara para ketua membuat ramai seluruh peserta acara. Diumumkan juga bagi anggota HMP teraktif, yaitu Rambu Zainah (PBA/5), Maghfiroh (PBA/5) dan Rosmery (PBA/5). Bagian HMP teraktif, yaitu Masnunatus Silviawati (PBA/3). Juga bagian HMP teraktif, yaitu bagian internal dan eksternal HMP.

Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd selaku ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang baru, memberikan sedikit pesan ketika menyampaikan do’a dalam acara pergantian pengurus tersebut. Pendidikan Bahasa Arab harus menjadi program studi yang unggul di Universitas Darussalam ini. “Dengan mengadakan dan mengikuti banyak acara, kita harus meningkatkan HM-PBA kita agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya. Ketua prodi lama, Al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi,M.A memberikan pesan terakhirnya sebelum berpamitan dengan seluruh mahasiswi PBA. Beliau berpesan bahwa terdapat dua hal penting yang harus dimiliki oleh seluruh mahasiswi PBA, berakhlak karimah dan intelek. Beliau juga menyampaikan bahwa bahasa Arab dan bahasa Inggris sama pentingnya bagi kita. “Jangan sampai kita hanya mahir dalam bahasa Arab saja, tapi kita juga harus mahir dalam bahasa Inggris. Karena dengan menguasai kedua bahasa tersebut, maka akan membuka pintu kesuksesan bagi kita semua. Orang yang mahir dalam bahasa Arab, sudah pasti mahir dalam bahasa Inggris,” tambahnya. Begitulah pesan terakhir yang beliau sampaikan kepada seluruh mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab sebelum keberangkatan beliau ke Universitas Leipzig, Jerman untuk meneruskan S3. Acara ditutup haru dengan pembacaan puisi oleh salah satu dari mahasiswi PBA, menyampaikan ucapan terima kasih telah membawa PBA lebih maju dari sebelumnya dan mendo’akan beliau agar cepat menyelesaikan studi di Jerman hingga kembali ke PBA UNIDA Gontor. [Aatina Khairal ‘Athiyyah Zen]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang

Berita Terbaru