Setelah Sarjana Lanjut S2, Kerja Atau Nikah Muda

Malang, 10 Oktober 2021 keluarga besar Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor Angkatan 2017, kami menyebutnya At Genks, menyelenggarakan Meet and Greet bersama seluruh anggota alumni PBA Angkatan 2017 di bawah bimbingan DPA (Dosen Pembina Alumni) al-Ustadzah Fitri Setyo Rini, M.Pd.I dan al-Ustadzah Riza Nurlaila, M.Pd secara virtual melalui platform zoom. Acara dipandu oleh ananda Burhan Lukmansyah, S.Pd yang berada di Kota Bogor mulai pukul 20.00 hingga 21.30 WIB.

Tujuan diadakannya acara ini tentu saja selain untuk silaturrahmi antar sesama alumni, sekaligus dosen yang ada, juga sebagai media penyambung keutuhan dan keakraban antar sesama, integrated, and all in one system laksana sebuah sistem satu kesatuan yang utuh, saling berhubungan, memiliki keterikatan, dan tidak terpisah satu sama lain. Karena saat ini alumni Prodi Pendidikan Bahasa Arab 17 sedang terus berupaya dan berusaha mengoptimalkan kebermanfaatan diri sebagai refleksi kesyukuran atas karunia-Nya, lillahi dan bermanfaat bagi ekologi sekitarnya, mereka ada yang di Sabang hingga Sulawesi membentang garis bujur yang jika ditarik garis lurus tentu sangat luas.

Dengan kesibukan dari setiap individu yang beraneka macam, ada yang sedang merintis lembaga pendidikan, melanjutkan studi, mengajar baik di pondok pesantren maupun lembaga pendidikan umum, menggeluti dunia bisnis, masuk ke ranah editor, berkhidmat untuk keluarga, hingga yang sedang berkhidmat di Universitas Darussalam Gontor. Semuanya dilakukan untuk sarana menuntut ilmu dan memperjuangkan apa yang harus diperjuangkan, semoga Allah SWT istiqomahkan kita semua dalam kebaikan dan jalan yang diridhoi-Nya. Amin

“Sebenarnya itu semua baik (merujuk pada topik bahasan), yang terpenting adalah niat untuk melakukan hal itu harus baik dan lurus. Jika ingin berkah, manfaat, dan mendapat pahala karena Ridho-Nya langkah awalnya dimulai dengan niat yang benar. Mengapa demikian? Karena sesuatu yang kecil namun kita niatkan Lillahi Ta’ala itu menjadi pondasi dasar bagi kita untuk kedepannya, tak bisa di pungkiri bahwa apa yang kita panen di masa depan adalah akumulasi dari yang kita lakukan sekarang, apalagi nantinya setiap individu akan menjelma sosok pemimpin oleh karenanya berikanlah kontrubusi sebaik mungkin bagi agama dan kejayaan serta keberlanjutan ke arah yang lebih baik bagi Negeri ini,” ungkap Ustadzah Fitri kala memberikan nasihatnya kepada semua anak didiknya.

Lebih lanjut lagi, bahwasanya menumbuh kembangkan apa yang telah di dapat, baik ilmu pengetahuan, pengalaman, dan sebagainya akan menghantarkan kita kepada derajat yang lebih tinggi di hadapan Allah SWT, firmannya dalam surat at-tin 4-5:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سَافِلِيْنَۙ

Manusia adalah penciptaan dengan bentuk yang sebaik-baiknya, keberadaan akal menjadi penyempurna manusia. Maka dari itu jika kita tidak mampu untuk memanfaatkan dan mempergunakan dengan sebaik mungkin akal tersebut tentu jurang kehinaan siap menelan kita, jika tidak ingin lantas lakukankanlah hal baik dan bermanfaat agar tidak masuk ke jurang tersebut. Segala proses yang sedang kalian jalani dan tekuni saat ini niatkanlah untuk menuntut ilmu dan mengharap ridho-Nya agar diberi keberkahan pada setiap prosesnya, tambah Ustadzah Riza saat menyampaikan uneg-unegnya.

Lantas bagaimana cara agar kita bisa berlomba dalam kebikan, bisa sukses dan berhasil seperti orang lain, dan istiqomah mencapai tujuan hidup? Jawabannya adalah berdoa memohon kepada Sang Khaliq kemudian melakukan hal yang sifatnya sustainable (keberlanjutan/istiqomah) walaupun itu kecil dan sederhana, tumbuhkan azimah (kemauan yang kuat) dengan menggali manfaat dari hal tersebut nantinya akan berimplementasikan pada munculnya motivasi kita saat melakukan apapun dalam situasi dan kondisi bagaimanapun.


Author: M.Syahrul Anwar, S.Pd.
Editor: Riza Nurlaila,M.Pd
Reviewer: Muhammad Wahyudi, M.Pd. & Fitri Setyo Rini, M.Pd.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru