SPL Bekal Mahasiswa Membangun Pondasi Pendidikan

Kegiatan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) Semester 4 Pendidikan Bahasa Arab

UNDA Gontor Mantingan – Pendidikan adalah sesuatu yang perlu dimiliki oleh semua kalangan, karena dengan mengenyam pendidikan kita akan memiliki ilmu dalam menjalani kehidupan. Dengan ilmu pula kita dapat menggenggam dunia, dan mengejar mimpi besar yang kita punya. Sehingga akan menjadi orang yang berguna bagi masyarakat dan bangsa.

Rabu, 24 Maret 2021 merupakan hari pertama kegiatan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) yang diadakan prodi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Darussalam Gontor Putri Mantingan secara online. Inilah salah satu menjadi alasan, kenapa pandemi bukanlah penghalang bagi mahasiswi PBA UNIDA Gontor Putri untuk terus produktif dan aktif dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini merupakan kegiatan akademik tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswi PBA UNIDA Gontor Putri semester 4 dan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan PPL.

Hakikat kegiatan Studi Pengayaan Lapangan (SPL)

Kegiatan yang seharusnya dilakukan dengan progam utamanya yaitu mengamati dan mengobservasi tentang sekolah ataupun universitas untuk mengetahui sistem pendidikan, baik kurikulum, keadaan tempat maupun fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut. Namun tahun ini berbeda, kegiatan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) kali ini dilakukan secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan, mengenai pendidikan untuk dijadikan sebagai dasar sebelum mahasiswa terjun langsung ke lapangan dalam dunia pendidikan.

Pembukaan Acara Studi Pengayaan Lapangan (SPL)

Dalam kegiataan ini dihadiri oleh dosen pembimbing Studi Pengayaan Lapangan (SPL) beserta seluruh peserta SPL. Selanjutnya acara ini dibuka secara online oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd. Dalam hal ini beliau memberikan sambutannya serta pesannya kepada peserta SPL, untuk aktif dalam bertanya karena dari pertanyaan itulah akan memperlihatkan seberapa besar bentuk kefahaman kita. Kemudian Penyampaian Narasumber Secara Online kepada peserta Studi Pengayaan Lapangan (SPL).

Isi Penyampaian Pemateri

Acara yang sangat dinantikan dan merupakan inti dari kegiatan daring ini yaitu pemaparan oleh Pemateri Al-Ustadzah Mega Dwi Haristianti (Ph.D candidate of Tokyo University). Seorang wanita yang pernah menempuh pendidikannya di dua negara yaitu, Negara Polandia dan Negara Jepang. Secara garis besar beliau menyampaikan informasi Sistem Pendidikan Indonesia (perbandingan dengan sistem pendidikan Polandia dan Jepang), di antaranya:

1. Yang dikuatkan di negara Jepang yaitu etitut, dan karakter

2. Dari segi profesor di Polandia sulit untuk menerima orang Indonesia

3. Di negara Polandia sendiri ada negara kaum komunis (mereka sangat fanatik, dan tidak mau ada sesuatu hal yang baru)

4. Pendidikan di Indonesia tidak salah menjadi negara maju, dan di Tokyo jika dalam masalah agama bukan menjadi penghalang, namun di luar kendalanya adalah dalam menghadapi karakter, karena itu yang bisa menumbuhkan perkonomian secara keseluruhan.

5. Dalam menjenjang ilmu atau karir harus mengetahui secara langsung atmosfer yang bagus.

Pemaparan Pendidikan Mengenai Negara Jepang

Beliau juga menjelaskan pendidikan seperti: Guru TK di Jepang gajinya 2 kali lipat, karena pembentukan karakter di Jepang di mulai dari dini, dilatih dari kejujuaran, berfikir secara kritis namun tidak memunculkan keemosionalan. Di Jepang, pendidikan di kelas sama dengan Indonesia, hanya saja mereka lebih memfokuskan pada pelatihan mereka yaitu mentoring, untuk menjadi tanggung jawab penuh dari professor tersebut. Jika Indonesia menjadi negara Jepang, maka harus mendidik (peserta didik) kita dengan ajaran yang benar dan telaten, baik komunikasi maupun akademik. Demikianlah pemaparan yang beliau sampaikan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan do’a. [Au. Nur Fera Khalifah dan Mu’fiah Fuaidah (PBA/4)]

Seburuk-buruknya manusia adalah dirinya yang tak menggunakan pendidikannya untuk mengejar cita-cita.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru