SPL Hidupkan Model Pendidikan melalui Teknologi

Sambutan Dosen PBA

Pada sesi ini, Al-Ustadz Muhammad Wahyudi M.Pd, selaku Ketua Prodi PBA berkesempatan memberi sambutan sebelum masuk ke dalam materi SPL. Dengan sedikit sanjungan beliau menyampaikan bahwa beliau begitu bangga dan bahagia dengan hadirnya pemateri kali ini yaitu al-Ustadzah Abeer Haidar dari Qatar University. Sedikit bernostalgia, Ustadz Wahyudi, menyampaikan bahwa Ustadzah Abeer inilah yang dulu selalu memberikan tugas kala beliau menutut ilmu di Qatar.

SPL Pendidikan di Era Teknologi Abad Ini

Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang ikut berubah. Teknologi yang dulu hanya berupa sederhana pun semakin lama semakin maju, hingga ikut mempengaruhi beberapa aspek dalam kehidupan, Diantaranya dalam bidang pendidikan. Pendidikan masa kini tak lagi serupa dengan masa lampau yang mana murid hanya duduk diam dan memperhatikan guru, lantas bertanya ketika dipersilahkan. Terutama dengan munculnya wabah Covid-19 ini, perubahan dalam model pendidikan semakin signifikan.

Pada sesi kali ini, Ustadzah Abir Haidar dari Qatar University membahas tentang bagaimana pendidikan dan pengajaran di era teknologi ini. Beliau yang merupakan lulusan dari Islamic University of Minnesota memaparkan, di tengah risuhnya wabah Covid-19 ini, model pendidikan sangat bergantung pada pesatnya teknologi. Sebagaimana kita melihat banyak pengajaran yang kini beralih haluan, dari tatap muka menjadi via internet.

Model Cara Belajar Murid

Namun, meskipun teknologi dan internet menjadi kebutuhan yang pokok saat ini, guru tetap harus memperhatikan bagaimana model cara belajar muridnya masing masing. Beliau menjelaskan, ada 3 cara belajar yang cukup umum, yaitu audio, visual dan kinestetik. Karena itu, guru diharapkan memiliki strategi untuk menyesuaikan cara belajar murid ini meskipun pembelajaran telah beralih ke via internet.

Dari perubahan model pendidikan itulah, Ustadzah Abeer mempunyai beberapa strategi untuk menghadapi perbedaan cara belajar ini. Salah satunya dengan model Game dan Quis yang dapat diakses secara online. Beberapa contoh diantaranya dapat diakses di;
https://edpuzzle.com/content
https://edpuzzle.com/

Diakhir acara, beliau mengutip salah satu kata penemu jenius yaitu Albert Eisten, “Everybody is genius, but if you judgea fish by it’s ability to climb a tree, it will live it’s whole life believing that is stupid.”


Au. Salsabila Eka. W (PBA/4)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru