SPL Program Arabic Edu-preneurship

Sambutan Perwakilan Dosen PBA

Acara pertama diawali dengan penyampaian sambutan oleh Al-Ustadz Ahmad kali Akbar M.Pd dalam tuturnya untuk peserta Studi Pengayaan Lapangan (SPL). Beliau menyampaikan, “SPL ini biasanya diadakan dengan mengunjungi kampus-kampus dan pondok-pondok untuk mengetahui tentang Bahasa Arab secara luas. Tetapi berhubung adanya Covid-19, kita adakan SPL ini di dalam kampus dengan online, walaupun online in syaa Allah tidak akan sedikitpun mengurangi nilai pendidikannya”.

SPL Program Arabic Edu-preneurship

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, namun hal tersebut tidak membuat kesemangatan mahasiswi PBA luntur, sehingga harus tetap menjadi mahasiswi yang aktif dan produktif dalam melanjutkan aktivitas, salah satunya adalah menjalankan acara tahunan yang menjadi ciri khas dari Fakultas Tarbiyah yaitu Studi Pengayaan Lapangan atau SPL yang diadakan secara online sejak Rabu, 24 Maret 2021 yang menjadi hari kedua dan juga menjadi hari terakhir dilangsungkannya acara ini.

Pagi ini, acara SPL dibuka dengan membahas terkait Arabic Edupreneurship Bagi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang disampaikan oleh Al-Ustadz Abdullah Syarif S.Ag, M.Pdi, M.pd. direktur Ma’had al-Ilmi Lii Ta’limi al-Lughoh Al-Arabiyah wa ad-Dirasah al-Islamiyah.

Hubungan antara Bisnis dan PBA

Tema tersebut terkait dengan keadaan Indonesia dewasa ini yang telah banyak melahirkan pengangguran terdidik di Indonesia dengan kesulitan mencari lapangan pekerjaan, karena kemampuan yang dimiliki oleh lulusan terdidik Indonesia adalah mencari pekerjaan, bukan menciptakan pekerjaan. Beranjak dari permasalahan tersebut, 
Apa hubungan antara bisnis dan PBA?

Pembahasan kali ini adalah untuk menjaga bahkan meningkatkan eksistensi bahasa Arab di kalangan masyarakat Indonesia, atau bahkan dunia. Ketika kita berada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah berarti kita berupaya untuk melestarikan bahasa Arab.

Alasan Mempelajari Bahasa Arab

Bukan hanya untuk melestarikannya saja, tetapi masih banyak alasan-alasan lain, mengapa kita harus belajar bahasa Arab. Alasan-alasan tersebut antara lain:

  1. Karena agama (memahami al-Qur’an dan khusyu’ dalam ibadah)
  2. Karena anjuran Rasulullah SAW
  3. Karena budaya Islam (karena turun di Makkah)
  4. Alasan akademik (bahasa Arab dianggap sebagai pintu gerbang untuk memasuki berbagai macam ilmu pengetahuan, terutama tentang studi keislaman).
  5. Alasan komunikasi (bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang banyak digunakan di beberapa kawasan dunia sehingga kemampuan berbahasa menjadikan komunikasi baik untuk belajar ataupun untuk pekerjaan).

Peluang Usaha Mahasiswi PBA

Orientasi pekerjaan dari lulusan pelajar yang menekuni PBA adalah sebagai guru, penulis, penerjemah, diplomat, guide, dan membuka kursus-kursus bahasa Arab, pemandu wisata, pengajar les, dan sebagainya. Sehingga perlu untuk mempersiapkan diri, memantaskan diri terutama dalam bidang bahasa Arab. Kesungguhan adalah syarat utama dalam menggapai cita-cita juga dalam menjadikan diri istimewa dengan tidak mengharapkan orang lain mengistimewakan kita. Upayakan usaha menjadi yang tebaik agar bisa menebarkan kebaikan dan ilmu kepada umat ini. [Andi Hazrah Nurhaliza Ibrahim & Meilina Husna Adieba (PBA/4)]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru