Studi Pengayaan Lapangan Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor

Penerjemah merupakan salah satu profesi bagi mahasiswi yang menempuh program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Menjadi penerjemah membutuhkan banyak latihan dan tingkat kefokusan yang tinggi. Oleh karena itu, tepat pada tanggal 7 maret 2022, mahasiswi program studi pendidikan bahasa arab Universitas Darussalam Gontor mengadakan webinar bersama HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) dalam rangka Studi Pengayaan Lapangan (SPL) bagi mahasiwi semester 4. HPI (Himpunan penerjemah Indonesia) ini didirikan pada tanggal 5 februari 1994 di Jakarta, Bapak Ali sudah menjabat sebagai ketua pertama, sebagian besar anggota HPI adalah penerjemah buku. Dalam HPI terdapat 3 jenis keanggotaan, diantaranya anggota muda, anggota penuh dan anggota kehormatan. Hingga saat ini HPI mempunyai anggota sebanyak 4000 orang.

Webinar ini dihadiri oleh seluruh mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester 4 dan juga semester 6 serta beberapa dosen program studi pendidikan bahasa arab. Dan Pada kesempatan kali ini Al-Ustadz Muhammad Wahyudi M.Pd selaku ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menyampaikan sedikit sambutan sekaligus membuka acara webinar ini. Setelah resmi dibuka acara dilanjutkan dengan webinar yang bertemakan tentang “Peluang dan Tantangan Penerjemah Professional di Era Digital”, yang pada kesempatan kali ini webinar diisi langsung oleh Ibu Anna Wiksmadhara selaku sekretaris Himpunan Penerjemah Indonesia sekaligus berprofesi menjadi penerjemah sejak tahun 1995, dan dimoderatori oleh Maria Andieni Juniyanti mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab semester 4.

Beliau menyampaikan banyak ilmu dan pengetahuan tentang dunia penerjemahan, dari penyampaian beliau kita dapat mengetahui bahwasanya pemerintah belum mencetuskan UU khusus tentang penerjemah dan beberapa bidang profesi, karier, penggunaan jasa, dan juga syarat menjadi penerjemah.

Diantara bidang profesi penerjemah yaitu:

  1. Penerjemah translator
  2. Penerjemah dokumen
  3. Penerjemah buku
  4. Penerjemah non buku/non dokumen
  5. Juru bahasa
  6. Eksekutif dan konsekutif dialog
  7. Simutal pembaca(penerjemah yang menerjemahkan per kata)
  8. Juru istilah
  9. Bekerja di badan bahasa sebagai pegawai negeri

Pembagian karier dalam dunia penerjemah terbagi menjadi dua yaitu:

  1. lepas purnawaktu/paruh waktu
  2. tetap purna waktu (in-house).
  3. Atas dasar proyek
  4. Berstatus karyawan kontrak
  5. Berstatus aparatur sipil negara

Adapun penggunaan jasa penerjemahan/juru bahasa adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan akhir asing (foreign end-user)
  2. Perusahaan asing
  3. Lembaga pemerintahan asing
  4. Organisasi internasional
  5. Biro penerjemah asing (foreign translation agency)
  6. Biro penerjemah dalam negeri (local translation agency)
  7. Pengguna akhir dalam negeri (local end-user)

Berikut syarat yang harus dipenuhi ketika menjadi penerjemah:

  1. Menguasai bahasa sasaran
  2. Menguasai bahasa sumber
  3. Mengenal bahan terjemahan dengan baik
  4. Mengetahui sumber bantuan
  5. Menguasai program computer
  6. Menguasai cat tool
  7. Memiliki akses internet

Dalam menerjemahkan dokumen khusus, harus penuh kehati-hatian, terutama dalam bidang kesehatan. Apabila terdapat salah dalam penerjemahan maka akan berakibat fatal dan akan dijatuhi hukum pidana yang sesuai denagn hukum yang ada di tempat tersebut. Dan seorang penerjemah harus memakai farafrasa dalam menerjemahkan karena farafrasa sangat penting dalam penerjemahan.

Acara ini berjalan dengan khidmat, karena seluruh peserta webinar sangat berantusias dan penuh semangat selama sesi webinar ini berlangsung. Dari webinar ini kita dapat mengambil pelajaran bahwasanya menjadi seorang penerjemah itu merupakan profesi yang sangat mulia dan sangat berguna dimana pun dan kapan pun.

(Mellanie Agustine, Rika Khoiru Nisa & Galuh Rihanita /PBA 4, Rev: Muhammad Wahyudi, M.Pd)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru