Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Pada hari Selasa (24/8/2021) bertempat di Laboratorium Multimedia Universitas Darussalam Gontor, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Semester 1 mengadakan seminar tentang “Teknik Penulisan Karya Ilmiah” di bulan Agustus tahun 2021.

Dalam pembukaan ini dihadiri oleh Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd selaku Direktur Pengembangan UNIDA Gontor, kemudian Al-Ustadz Ahmad Kali Akbar, M.Pd sebagai pemateri pada seminar pagi ini dan para dosen-dosen akademik serta para peserta Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Semester 1 yang berjumlah 26 orang.

Dalam pembukaan ini, sambutan pertama Al-Ustadz Muhammad Wahyudi M.Pd., dalam sambutannya beliau menekankan kepada peserta bahwa penulisan karya itu sangat penting sebagai seorang mahasiswa, maka beliau menghimbau untuk mengikuti acara ini dengan baik agar dalam penulisan karya ilmiah ke depan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Kemudian selanjutnya ialah sesi materi yang di sampaikan oleh Al-Ustadz Ahmad Kali Akbar, M.Pd. Beliau menjelaskan melalui slide powerpoint yang di tampilkan bagaimana membuat karya tulis yang baik mulai dari cover , format penulisan, sampai kesimpulan. “Satu lembar tulisan yang mempunyai footnote banyak itu lebih baik, daripada sepuluh lembar tulisan tanpa footnote,” ujar beliau dalam pertengahan sesi. Sebelum mengakhiri materi beliau menegaskan kembali kepada peserta agar setelah seminar tentang penulisan untuk diterapkan sesuai apa yang telah diajarkan agar terciptanya karya tulis ilmiah yang baik.

Di akhir pemaparan materi beliau mengadakan kuis kepada peserta melalui media website https://kahoot.it/ untuk menguji kemampuan kosa kata yang telah di berikan, suasanapun hidup karena peserta semangat untuk menggapai podium juara. Kemudian kuis tersebut menjadi penutup pelatihan ini.


Au. Edo Kurniawan (PBA 1)/Ed. Riza N/Rev. Ahmad Kali Akbar, M.Pd.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru