Ujian Tengah Semester, Ajang Mencetak Mahasiswa All Round

UNIDA Gontor – Pembukaan Ujian Tengah Semester (UTS) tahun akademik 1441-1442/2020-2021 di UNIDA Gontor resmi dibuka oleh bapak Rektor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Dalam kesempatan kali ini beliau menekankan pentingnya ujian dan setiap program yang ada di kampus. Harus serius dan sungguh-sungguh, karena hari ini akan menentukan masa depan kita semua. Dalam moment yang sama, beliau menegaskan bahwa agar setiap mahasiswa sadar akan data pribadi yang ada di SIAKAD – PDDIKTI, jangan sampai terdapat kesalahan data, baik nama, tempat tanggal lahir, dan data penting lainnya. Semua sistem di kampus sekarang serba digital/ komputer, tidak ada lagi mahasiswa yang bertanya nilai kepada dosen, tapi cukup membuka akun SIAKAD masing-masing.

Sambutan selanjutnya dari wakil Rektor bidang akademik dan kemahasiswaan, Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. Beliau mengatakan bahwa setiap program yang ada di UNIDA Gontor adalah ritual yang sakral. Sekarang, mahasiswa yang ada sedang menumpuk-numpuk ilmu pengetahuan, dari UTS hingga UAS, bukan sekedar akademik saja tapi juga non-akademik. “Maka diperlukan banyak latihan guna menajamkan dan mengasah intelektual antum, caranya dengan memperbanyak latihan berpikir yang berat dan memikirkan masalah dan mencari solusinya,” tegas beliau.

Banyak cara untuk melatih ketajaman intelektualitas, diantaranya dengan banyak membaca, mendengar, berdiskusi dan juga menulis. Disamping itu, beliau juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa akan pentingnya menggali potensi lain, tidak hanya fokus pada keilmuan prodi, karena di masyarakat membutuhkan hal-hal yang lain. Bisa juga dengan mengikui kegiatan-kegaitan alternatif yang ada di kampus.

“Cari, temukan dan galilah kelebihan Anda sebagai bekal menyiapkan masa depan”

Jadilah mahasiswa yang all round, bisa banyak hal. Semakin susah kita dalam menuntut ilmu, akan semakin banyak ilmu yang akan didapatkan. Di samping itu ada satu faktor yang tidak mungkin kita tinggalkan, yaitu dengan meningkatkan spiritual exercise dengan cara memperbanyak amal sholeh untuk diri sendiri. Karena motto utama pondok adalah berbudi tinggi kemudian diimbangi dengan wawasan yang luas. Perlu kita ingat bersama, panca jiwa yang ada tidak untuk kita pelajari tapi untuk kita laksanakan secara utuh, karena disitulah hidden kurikulum kita untuk bisa menjadi ‘The fountain of wisdom’, manusia yang arif dan bijak.

Diakhir beliau menekankan agar serius dalam UTS, misalkan untuk tidak keluar ruang ujian sebelum menjawab semua soal ujian. Hal kecil, namun besar akibatnya jika diremehkan. Tahun ini harus lebih serius degan segala suasana yang ada. Semoga Allah memudahkan dalam setiap ujian.


Reporter : al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd, Ka Prodi PBA UNIDA Gontor

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang

Berita Terbaru